Posted by & filed under Inspirasi.

Masjid Agung Pondok tinggi merupakan salah satu bangunan kuno masjid tertua di wilayah Kota Sungai Penuh di Provinsi Jambi. Masjid Agung dibangun pada 1874 M merupakan saksi nyata penyebaran Islam ke wilayah tersebut. Dan sebagai bukti bahwa telah ada kemampuan dan kecerdasan masyarakat sejak itu tentang seni arsitektur.
Arsitekur Masjid Agung Pondok Tinggi dibangun mengikuti model arsitektur masjid asli Nusantara dengan ciri atap limas tumpang tiga, bagian atasnya dihiasi dengan lambang bulan sabit dan bintang. Masjid Agung Pondok Tinggi berukuran 30 x 30 meter dengan tinggi bangunan setinggi 100 kaki atau sekitar 30,5 meter dari lantai dasar hingga ke puncak atap. Dinding masjid terbuat dari kayu dan dihias dengan ukiran motif tumbuhan dan mempunyai kisi-kisi yang berfungsi sebagai ventilasi. Dilengkapi dengan berbagai hiasan motif geometris. Pada setiap sudut dinding terdapat hiasan motif sulur-suluran. Sedangkan lantai masjid terbuat dari ubin. Masjid ini mempunyai 2 buah pintu masuk berdaun ganda yang berhiaskan ukiran motif tumpal dan sulur-suluran.

Bagi kamu yang senang mengeluti ilmu seni arsitektur bangunan kuno bersejarah ada baiknya mencoba berkunjung ke Masjid Agung Pondok Tinggi ini, kemudian tidak ada salahnya mampir untuk menunaikan sholat 5 waktu di Masjid ini jika anda beragama Islam. Pada tahun 1953 Bapak Proklamator kita (Bung Hatta) pernah berkunjung ke Masjid Agung ini sambil berpesan “Masjid Agung ini perlu dilestarikan sebagai bukti peninggalan budaya peradaban Agama Islam”

Walau bangunan Masjid Agung ini sudah sangat tua, namun kegiatan bentuk peribadatan umat muslim Pondok Tinggi masih aktif dilakukan di Masjid Agung ini, karena menjadi nuansa tersendiri bagi masyarakat setempat dalam beribadah. Mungkin kamu penasaran dengan bangunan kuno ini, setelah membaca sekilas artikel ini segeralah bergegas ke Kota Sungai Penuh. Senyum ramah yang welcome menanti kamu di Kota Sungai Penuh

  

Related Post