Posted by & filed under Bisnis.

Salah satu rempah Indonesia yang menjadi komoditi eksport adalah Cinnamon atau disebut Kulit Manis/Kayu Manis. Merupakan jenis tanaman perkebunan yang di budidayakan petani untuk diambil kulitnya setelah pohon tsb berumur 7-10 tahun bahkan ada yang berumur 20 tahunan baru dipanen untuk mendapatkan kualitas kulit manis yang baik.

Di Indonesia budidaya kulit manis terbesar ada di Kab. Kerinci, Prop. Jambi. Kab. Kerinci ini merupakan induk dari Kota Sungai Penuh sebelum pemekaran wilayah. Warga Kab Kerinci membudidayakan Kayu Manis sejak zaman penjajahan Belanda hingga sekarang menjadi tambahan pendapatan utama warga setempat. Setelah petani kayu manis di panen dari kebun, kemudian diiris kulitnya setelah itu di jemur di terik matahari hingga kering kemudian di jual ke gudang pedagang pengumpul yang ada di kota Sungai Penuh. Dengan harga berkisar Rp.16.000 s/d Rp.18.000 per kg tergantung kondisi harga pasar.  Oleh pedagang pengumpul di kota Sungai Penuh, kayu manis ini di bawa ke kota Padang dan sekitarnya untuk di eksport.

Jenis dan Kualitas Kayu Manis

Ada pun Kualitas / Jenis Kayu Manis yang di perdagangkan di tingkat petani adalah :

  • Kualitas kayu manis ” KM “ ketebalan  kulit sekitar 1 cm atau lebih
  • Kualitas kayu manis ” KF “ ketebalan kulit sekitar 0,75 cm
  • Kualitas Kayu Manis “KS” ketebalan kulit sekitar 0,3 cm – 0,4 cm
  • Kualitas Kayu Manis “KA” ketebalan kulit sekitar 0,2 cm.

Jika kamu ingin melihat kayu manis atau ingin membeli kayu manis ini silahkan kamu berkunjung ke Kota Sungai Penuh untuk melihat langsung kualitas yang diperdagangkan.

casiavera kulit manis kayu manis kerinci sungai penuh
Gambar diatas adalah salah satu contoh hasil panen kayu manis dari petani yang belum diolah. Masyarakat kota Sungai Penuh dan masyarakat Kerinci banyak yang memiliki kebun sendiri di bukit-bukit dan di kaki Gunung Kerinci. Dengan cuaca yang sejuk dan dingin serta tanah yang subur membuat kayu manis Kerinci dan Sungai Penuh tumbuh dengan subur. Sedangkan kayunya biasa digunakan untuk bahan bakar atau untuk keperluan lain seperti alat bantu membangun rumah.